Misteri Planet Merah Kehidupan di Planet Mars

0
37
Misteri Planet Merah Kehidupan di Planet Mars

Teka teki yang menarik bagi astronomi dan ilmuan untuk menggali misteri planet merah Mars mulai disoroti oleh banyak media dan pers, untuk mengungkap sebuah misteri planet merah (Mars),  para ilmuan sekarang mulai melakukan eksperimen dan mendeteksi adanya gas yang berasal dari orginisme kehidupan di planet merah tersebut, dari hasil sensor pesawat yang telah dikerahkan dari hasil data proges sedang melakukan pengukuran pada atmosfer planet.

Jika kita bandingkan gas yang di hasilkan oleh Planet Bumi meskipun gas dapat juga dihasilkan karena adanya proses geologis yang relatif sederhana di bawah tanah. Lebih dari setahun  Trace Gas Orbiter telah melakukan manuver di atas Mars, telah membuat rancangan untuk menentukan sumber mana yang bertanggung jawab atas metana planet ini.

Dengan menggunakan hidrokarbon paling sederhana (metana) yang dicampur dengan molekul organik yang lebih kompleks, itu akan menjadi tanda kuat bahwa metana di Mars memiliki sumber biologis dan bahwa itu sedang diproduksi atau pernah diproduksi oleh organisme kehidupan yang ada disana “kata Mark McCaughrean” sebagai penasihat senior untuk sains dan eksplorasi di European Space Agency. Namun, jika kita menemukannya dicampur dengan gas seperti belerang pada oksida, itu akan menunjukan bahwa sumbernya adalah geologis, bukan biologis. Selain itu, metana yang dibuat secara biologis cenderung mengandung isotop lebih ringan dari unsur karbon daripada metana yang dibuat secara geologis.

Pada eksperimen sebelumnya dengan menggunakan ExoMars Trace Gas Orbiter juga pernah diledakkan ke Mars dengan jenis roket Proton dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada Maret 2016, dengan menggunakan pesawat  dan robot ruang angkasa pada misi bersama Eropa-Rusia dengan hasil mencapai targetnya tujuh bulan kemudian dan membuat pendaratan kecil, yang disebut Schiaparelli, yang dirancang untuk menguji perisai anti panas dan parasut dalam persiapan untuk pendaratan yang akan digunakan di masa depan. Sayangnya, pendarat tersebut hancur ketika jatuh karena roket retro thrusternya dimatikan terlalu dini. Pada saat situasi yang sama, pengorbit utama melakukan sapu jalan dengan jalur elips mengelilingi Mars seperti yang direncanakan.

Para ilmuwan sudah memperkirakan perlu waktu lebih dari satu tahun untuk memeriksa  juga hingga menyelesaikan seluruhnya dari berbagai titik panas metana di planet merah tersebut tetapi para ilmuan berharap bahwa dalam satu atau dua bulan, mereka akan memiliki ide baru yang bagus jika sumbernya berasal dari biologi atau geologi.

Ilmuwan proyek pengorbit yaitu Hakan Svedhem berpendapat pada tahap yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari sorotan sinar matahari saat melewati atmosfer Mars bagaimana itu diserap oleh molekul metana di sana, agar dapat mendeteksi keberadaan gas ke akurasi satu molekul di setiap 10 miliar molekul.

Jika ditemukan adanya metana yang berasal dari alam, maka ada dua persepsi yang harus dipertimbangkan, apakah mikroba yang sudah punah, yang hilang jutaan tahun lalu, telah meninggalkan metana meresap perlahan ke permukaan atau beberapa metana yang sangat tahan. Kemungkinan ada organisme kehidupan yang masih bertahan di bawah tanah. Namun, jika gas itu ditemukan berasal dari geologi, penemuan itu masih bisa memiliki indikasi penting. Jika di Bumi, metana diproduksi secara geologis melalui proses yang sebut sebagai “serpentinisation” yang terjadi ketika olivin, mineral yang ada di Mars, bereaksi dengan air.

Ilmuan McCaughrean juga berpendapat jika adanya penemuan bahwa metana dihasilkan oleh proses geokimia di Mars, setidaknya akan menunjukkan bahwa harus ada cairan berupa air di bawah permukaan planet Mars dan tahukah? air sangat penting untuk kehidupan seperti yang kita tahu, itu akan menjadi berita baik untuk kami berharap menemukan organisme kehidupan di Planet Mars suatu hari nanti.

 

Catatan berita oleh: Hilman Anggariadi

Sumber informasi berita : Badan Ilmuan Dunia, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here